Menghadapi Tekanan Pekerjaan

January 22, 2016 3:20 pm | Oleh Dale Carnegie Training Bandung
Dale Carnegie > Referensi > Artikel > Blog > Menghadapi Tekanan Pekerjaan

NSS - You are what you negotiate copy

Mungkin kita pernah (atau saat ini sedang) mengalami, pekerjaan dan masalah yang banyak sekali dan menumpuk dalam satu waktu. Masalah komplain customer, pengiriman produk kurang lancar, target penjualan belum tercapai, belum lagi ada anak buah yang bikin masalah. Semua urusan ada di depan kita, menunggu diselesaikan dan membuat kita stress.

Stress yang sudah terlalu tinggi, seringkali membuat kita menjadi tidak produktif, malahan kalau dibiarkan akan membuat kita jatuh sakit.

Salah satu tips dari Dale Carnegie, yang sesuai untuk situasi seperti ini, adalah: “Hiduplah dalam ruang waktu terbatas, hiduplah hari demi hari.”

Logikanya seperti ini:

“Apakah bisa pergi ke masa lalu, dan mengubahnya?” Jawabannya tidak bisa.

“Apakah kita bisa pergi ke masa depan untuk menangani hal-hal di sana?” Jawabannya tidak bisa juga.

“Oleh karena itu kita perlu fokus di hari ini!”

Minimal ada 3 definisi tentang “Hiduplah hari demi hari”:

  1. Jangan biarkan hal yang sudah lewat mengganggu Anda.
    Contohnya:
    “Waduh saya sebel banget sama anak buah saya yang satu itu, tadi ditegur baik-baik malah melawan dan bikin ribut.”
    Kita memikirkan hal tersebut terus menerus, padahal kita sedang membuat laporan. Akhirnya, kita malah tidak bisa fokus pada laporan yang sedang kita kerjakan dan ada banyak kesalahan.
  2. Jangan biarkan hal yang belum terjadi mengganggu anda.
    Misalnya:
    “Waduh, target penjualan tim saya semester ini belum tercapai, padahal sudah kurang 1.5 bulan lagi, sudah dekat banget”
    Gara-gara tekanan tersebut, kita memikirkannya terus menerus, padahal kita sedang menangani komplain customer. Pikiran kita jadi bercabang, kalau itu terjadi, kita kurang fokus untuk menangani komplain dengan baik, dan penjualan juga tidak akan berubah.
    Tentang hal ini, kita mungkin perlu mengingat apa yang dikatakan oleh Churchill, seorang pemimpin Inggris di PD II: “Gunakan kekuatiran anda akan masa depan, sebagai dorongan untuk membuat rencana”. Maksudnya, daripada kita hanya sibuk kuatir, maka kita luangkan waktu untuk membuat rencana.
  3. Fokus pada apa yang anda kerjakan, hidup dengan prioritas.
    Kita perlu memilah-milah, hari ini kita akan fokus soal apa, sedangkan untuk besok apa saja yang akan kita kerjakan. Yang terpenting adalah fokus hanya pada satu hal yang saat itu sedang kita kerjakan. Bahkan kalau perlu kita bukan hidup hari demi hari, tapi jam demi jam.

Kalau kita ingat, ada ungkapan yang mengatakan: Masa lalu adalah kenangan, masa depan adalah misteri, hari ini adalah hadiah (present). Jadi, Pastikan kita fokus pada saat ini, maka hidup kita akan lebih tenang dan menyenangkan meskipun menghadapi tekanan dan tantangan.

Dapatkan lebih banyak lagi tips untuk menghadapi tekanan di pekerjaan di Dale Carnegie® Fundamental Leadership Program.

Jakarta & Head Office

Jl. Paus No. 84 A
Jakarta Timur 13220
Phone: 021-489 2737
Fax: 021-489 6926


Send this to a friend
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
Hadir di Leadership series kota:
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Silahkan mengisi form untuk mengunduh
NAMA
PERUSAHAAN
KOTA
TELEPON
E-MAIL
Informasi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain.
Read previous post:
5 Penggerak Kerjasama Tim Dan Manfaatnya

Kebanyakan karir masa kini bergantung pada kerjasama tim di tempat kerja. Hal ini termasuk kemampuan untuk menjangkau dan berkomunikasi dengan...

Close