Langkah 1: Motivasi Untuk Berubah
Model Perubahan dimulai pada titik dimana organisasi mendapatkan
alasan untuk berubah. Kadang-kadang masalah eksternal yang
mendorong perubahan, seperti reorganisasi, perubahan manajemen,
relokasi, perubahan kondisi ekonomi, perubahan dalam kebutuhan
pelanggan atau merjer/akuisisi. Terkadang perubahan didorong oleh
faktor internal, seperti inovasi teknologi, ekspansi, dan pertumbuhan,
atau sekedar keinginan untuk terus memperbaiki diri.
Langkah 2: Analisa Perubahannya
Seiring dengan semakin inginnya organisasi untuk berubah,
pemimpin harus melakukan analisa yang menyeluruh terhadap risiko
dan kesempatan yang terkait dengan perubahan yang diusulkan:
• Apa saja potensi keuntungan dari melakukan perubahan?
• Apa saja biayanya?
• Apa saja risiko dari melakukan perubahan ini?
• Apa saja risiko dari tidak melakukan perubahan ini?